Cara Memperoleh Pinjaman Uang Dari Bank

Beberapa tips dibawah ini, mungkin akan membantu Anda untuk memperoleh kredit dari bank.

1. Yakinkanlah kepada petugas bank, bahwa kredit yang Anda butuhkan itu untuk pinjaman usaha. Ajukanlah pinjaman kepada bank yang betul-betul mengetahui bisnis Anda. Anda jangan takut, karena pinjaman inilah yang sejatinya diinginkan oleh petugas bank. Untuk memperbesar peluang carilah bank yang aktif memberikan pendanaan untuk bisnis UKM. Ada beberapa bank dan lembaga keuangan yang memberikan pinjaman secara konvensional tanpa dukungan pemerintah. Namun, Anda harus ingat bahwa bank selalu menuntut persyaratan jaminan sebagai tahap awal.

2. Sebagai pebisnis, pastikan bahwa Anda benar-benar siap datanga ke bank dngan mengajukan pinjamann. Anda harus bisa menyakinkan pihak bank, bahwa pinjaman yang Anda ajukan adalah pinjaman bisnis yang berisiko kecil. Siapkan formulir permohonan pinjaman yang sudah  lengkap, foto kopi proyeksi cashflow, proyeksi laporan keuangan untuk tiga tahun ke depan.

3. Siapkan Jawaban tepat atas pertanyaan yang diajukan Ingat, kombinasi informasi dan persiapan adalah alat yang kuat dalam dunia. Seorang peminjam yang teliti dan siap akan mendapat peluang empat kali lebih besar ketimbang peminjam yang tidak siap dan tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh petugas bank. Untuk melengkapi keseriusan dan persiapan Anda, siapkanlah bisnis plan dalam menjawab pertanyaan pihak bank. Pertanyaan tersebut antara lain : Berapa banyak dana yang Anda butuhkan? Berapa lama Anda membutuhkan dana tersebut? Jawablah dengan detil mengenai penggunaan dana tersebut dan jelaskanlah bahwa bisnis Anda berisiko kecil. Kapan Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut? Jelaskanlah bahwa proyeksi cashflow Anda akan lancar dan bisnis yang Anda jalankan bisa memberikan keuntungan jangka panjang. Tunjukkan bahwa Anda mampu mengelola dana tersebut lewat rencana bisnis (business plan) Lalu, apa yang akan Anda lakukan bila proposal pinjaman Anda ditolak?

4. Jangan bersikap negative danmeminta maaf Waspadailah sikap negatif Anda. Tampilkan diri Anda sebagai entrepreneur yang bisa mengembalikan kredit tersebut. Tonjolkan citra (image) Anda dengan memberikan benda-benda promosi bisnis, seperti brosur, iklan, artikel, press release kepada pihak bank.

5. Pilihlah kredit tanpa angunan atau pinjaman tanpa angunan sehingga membuat ringan anda, tapi anda harus tetap memperhatikan surat perjanjian pinjaman yang telah dibuat.

6. Jangan berlebihan dalam mengisi permohonan pinjaman Pihak bank dapat dengan mudah mengecek fakta dari permohonan Anda. Jika Anda tidak dapat memberikan keterangan yang didukung dengan data kuat, maka jangan dimasukkan dalam permohonan. Luangkan waktu untuk melakukan riset sehingga mampu menyajikan keterangan yang masuk akal. Akan lebih baik lagi kalau bisnis Anda prospektif dan memiliki aset serta collateral (jaminan)

7. Tetap mencoba untuk mencari kredit (pinjaman dana tunai) sampai berhasil Apabila Anda ditolak, carilah bank lain. Carilah referensi dari pebisnis sukses. Sebelum Anda ke bank langsung, carilah teman, rekan kerja atau kenalan yang memiliki posisi bagus dengan bank. Pihak bank biasanya lebih suka berbisnis dengan orang-orang yang direferensikan oleh customer terbaik mereka.

Short URL: http://wanitacosmo.com/?p=440

Related content from another blog:

Posted by on Dec 21 2010. Filed under Keuangan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

 

Incoming search terms for the article:

mengelolah uang kredit bankyhsm-Opera_14mobile

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google
Popular Search Terms Log in
AutoCar Bulletin
close
  • none found - should be never happened.