Cara Mudah Kecilkan Lingkar Pinggang

Mengukur lingkar pinggang merupakan salah satu cara untuk melihat kondisi kesehatan seseorang. Jika lingkar pinggang Anda lebih dari 80 sentimeter untuk perempuan dan 90 sentimeter untuk pria, berarti itu tanda-tanda harus waspada.

Sebab, seperti dikatakan dr Michael Triangto SpKO, lingkar pinggang berlebih merupakan indikasi bertumpuknya lemak di rongga perut. Hal itu berisiko memunculkan gangguan jantung dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, seperti darah tingggi, kolesterol dan diabetes.

Untuk mengukur lingkar pinggan, bisa dilakukan dengan teknik yang beragam. Tapi, Sport Medicine Specialist dari Klinik Slim + Health, Sports Therapy Jakarta ini memiliki cara tersendiri untuk mengukur lingkar pinggang.

“Saya biasa mengukur lingkar pinggang dengan cara berdiri tegak, bernapas biasa dan tidak menahan napas, kemudian ukur melingkari pinggang melalui titik pusar. Karena, pusar itu tidak berubah-ubah,” kata Michael.

Jika hasilnya di atas batas maksimal, tentu harus diturunkan dengan cara mengatur pola makan dan olahraga. Olahraga yang dilakukan difokuskan untuk mengurangi lemak dan mengencangkan otot pinggang dan perut.

Olahraga yang dilakukan berupa latihan aerobic dan anaerobic. Aerobic bermanfaat untuk membakar lemak, caranya berjalan atau berlari selama 30-40 menit dengan denyut jantung 60-80 persen dari denyut maksimal.

“Sedangkan anaerobic akan melatih otot-otot yang menutup area perut. Jika otot-otot tersebut dilatih, diharapkan otot tersebut akan membantu pembakaran lemak. Tidak hanya yang ada di luar ototnya, tapi juga di dalam rogga perut. Jadi otot yang dilatih adalah otot perut atas, perut bawah dan otot perut samping,” lanjut Michael.

Lebih lanjut Michael menambahkan, agar latihan ini efektif, dia menyarankan untuk tidak berlatih aerobic yang berat secara terus-menerus. Program HIIT (High Intensity Interval  Training) sangat tepat untuk mengecilkan lingkar pinggang.

“Sebab, latihan anaerobic dengan program HIIT ini tidak membuat otot menjadi besa. Pasalnya, dalam program HIIT, dilakukan latihan berat dan ringan secara bergantian  untuk otot yang sama,” papar Michael. “Jika berlatih berat secara terus-menerus memang bisa membakar lemak tapi otot juga membesar. Akibatnya, lingkar pinggang tidak mengecil,” lanjut Michael.

Satu hal yang tidak boleh diabaikan dalam latihan ini adalah tidak menggunakan beban maksimal melainkan beban optimal. “Untuk mengetahui optimal tidaknya suatu beban, bisa dilakukan dengan merasakan kontraksi pada saat latihan, apakah benar pada daerah yang dituju atau tidak,” imbuhnya.

Agar Latihan Berhasil

Latihan khusus untuk mengecilkan lingkar pinggang ini bisa dilakukan siapa pun. Baik mereka yang sudah mengalami gangguan kesehatan karena ukuran lingkar pinggangnya sudah melebihi batas maksimal.

Atau mereka yang lingkar pinggangnya belum melebihi ukuran tapi sudah memiliki gangguan kesehatan. “Bahkan, bagi mereka yang tubuhnya belum ideal pun bisa berlatih latihan ini agar bentuk tubuhnya ideal,” kata Michael. Namun, Michael memperingatkan kepada mereka yang memiliki beberapa gangguan kesehatan untuk hati-hati dalam berlatih.

“Misalnya, tekanan darahnya sangat tinggi, sebaiknya diturunkan terlebih dulu dengan berlatih aerobic. Setelah stabil, baru berlatih anaerobic,: katanya.

Agar efektif, lakukan latihan tiga kali seminggu. Tapi untuk aerobic-nya boleh dilakukan lima kali seminggu.

Short URL: http://wanitacosmo.com/?p=159

Related content from another blog:

Posted by on Oct 18 2010. Filed under Tips Kecantikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

 

Incoming search terms for the article:

cara mengecilkan lingkar pinggangcara kecilkan pinggangcara mengecilkan pinggangtips kecilkan pinggangcara mengecilkan pinggang dengan cepatmengecilkan lingkar pinggangcara cepat mengecilkan pinggangCara cepat mengecilkan lingkar pinggangcara mengecilkan lingkar pahaCara mengurangi lingkar pinggang

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google
Popular Search Terms Log in
AutoCar Bulletin
close
  • none found - should be never happened.