Diet Ala Wanita Perancis

Ternyata, mayoritas perempuan perancis bertubuh langsing karena menjalani diet Dukan. Diet seperti apa itu?

Anda mungkin sering mendengar bahwa mayoritas perempuan Perancis bertubuh langsing. Bahkan, kabarnya tidak ada yang bertubuh gemuk. Mereka tetap ramping meski makan apa saja yang mereka suka.

Ternyata, rahasianya terletak pada pola makan mereka. Menurut ahli nutrisi yang juga spesialis perilaku makan Perancis, Dr Pierre Dukan, perempuan perancis mayoritas bertubuh ramping karena menjalani diet Dukan ciptaannya.

Diet Dukan sendiri diperkenalkan Dukan dalam bukunya yang berjudul The Dukan Diet, sepuluh tahun lalu. Buku itu segera menempati tempat teratas daftar best seller di Perancis.

Kini, lebih dari 1,5 juta perempuan Perancis menerapkan penurunan berat badan dramatis dan hasilnya tidak hanya sementara. Dukan yang mantan dokter saraf, menghabiskan waktu 35 tahun untuk meneliti dan menyempurnakan berbagai elemen dari pola dietnya.

Menurutnya, diet dengan cara menghitung asupan kalori yang dikonsumsi, yang selama bertahun-tahun ini diikuti, tidak akan berhasil. Sebab, otak manusia tidak bekerja seperti itu. “Para pakar diet yang menyarankan untuk menghitung kalori mungkin lupa bahwa manusia itu terdiri atas darah dan daging, dengan emosi dan insting. Artinya, hal itu tidak manusiawi,” tandasnya Dukan.

Karena itulah Dukan lantas membuat program diet yang diberi nama diet Dukan. Diet itu di desain untuk mengakar ke dalam otak pelaku diet.

CARA KERJA

Diet Dukan terdiri atas empat fase makan secara berbeda yang mengikuti satu sama lain.

Diawali dengan penurunan berat badan yang cepat dan dramatis, yang menghasilkan pengaturan makan sederhana, terstruktur, dan berlaku dalam jangka panjang, untuk memastikan Anda tak akan mendapatkan kembali berat badan yang sudah hilang.

Diet tersebut menganjurkan banyak protein, tapi sedikit kalori, dan mengurangi selera makan. Penyerapan protein oleh tubuh menyebabkan pengeluaran kalori dalam jumlah yang banyak dan memungkinkan penurunan berat badan tanpa perlu kehilangan kekuatan otot.

Program diet Dukan juga memperhitungkan periode pasca diet dan membantu Anda mencegah kenaikan kembali berat badan ketika Anda kembali ke pola makan yang normal.

EMPAT FASE

Diet Dukan dasarnya terdiri atas empat fase. Keempat fase tersebut adalah:

  1. Fase Attack

Fase attack adalah fase serangan protein murni. Artinya, pada fase ini hanya disarankan makan protein, yakni daging merah, daging unggas, ikan, seafood, dan produk olahan susu bebas lemak.

Fase ini berlangsung selama tiga hingga sepuluh hari, bergantung pada target Anda.

Imbangi konsumsi protein dengan minum tiga liter air putih setiap hari.

Pola makan kaya protein dalam jangka pendek ini akan membersihkan kelebihan air, menurunkan nafsu makan (saat hanya mengonsumsi protein, tubuh memproduksi sel-sel ketonik yang merupakan penekan nafsu makan alami), sambil tetap memelihara bentuk otot dan kehalusan kulit.

Fase attack menjamin penurunan berat badan yang nyata.

Contoh Menu:

  • Sarapan:

Kopi atau teh tanpa gula, 1 atau 2 sajian yogurt rendah lemak (boleh juga yogurt buah bila suka) atau 200 gram fromage frais, dan 1 iris daging kalkun atau ham tanpa lemak, atau sebutir telur rebus, atau sebuah pancake dari tepung kulit gandum.

  • Snack:

1 sajian yogurt atau 100 gram fromage frais bebas lemak (opsional).

Makan siang:

Sate kerang (atau makanan sari laut lainnya), ketam, 1 escalope kalkun, dan 1 sajian fromage frais atau sebuah pancake dari tepung kulit gandum.

Snack 1 sajan yogurt atau 100 gram fromage frais bebas lemak (opsional)

  • Makan malam:

Hati ayam atau sebutir telur rebus, ikan atau kerang, 1 sajian yogurt.

  1. Fase Cruise

Fase cruise pada dasarnya sama seperti fase attack, hanya secara berangsur proteinnya ditambahi sayuran.

Yang tidak boleh ada dalam menu adalah semua makanan yang mengandung zat tepung (kentang, jagung manis, kacang polong, lentil, buncis dan sebagainya). Kemudian fase ini dilakukan secara silih berganti sampai Anda mencapai berat yang dikehendaki (penurunan berat badan maksimum 1 kilogram per minggu).

Anda bisa mulai makan dengan salad atau sup, diikuti dengan daging atau ikan yang ditumis dengan sayuran. Berat badan akan turun sekitar 900 gram seminggu.

  1. Fase Konsolidasi

Setelah mencapai berat sehat yang diinginkan, Anda perlu kembali ke pola makan yang normal selambat mungkin untuk menghindari efek yo-yo yang menyebalkan. Anda boleh kembali makan makanan yang sebelumnya anda hindari (seperti nasi, roti, pasta, keju) secara bertahap.

Untuk setiap 1 kilogram penurunan berat badan lakukan 10 hari konsolidasi. Fase ini didesain untuk mencegah anda kembali ke kebiasaan makan yang lama, dan mengatur keseimbangan dengan tubuh anda yang baru.

  1. Fase Stabilisasi

Ketika masa konsolidasi berlalu, berat badan akan mulai stabil. Karena itu, Anda bebas makan dan minum apa saja yang Anda suka.

Anda boleh makan secara normal dengan menerapkan dua aturan: menetapkan satu hari dalam seminggu untuk mengonsumsi protein murni (disarankan pada hari Kamis) seumur hidup, dan makan tiga sendok oats dan dedak gandum setiap hari.

DAMPAK BURUK

Diet Dukan memang menguntungkan karena penurunan berat badan terjadi sangat cepat, kemudian terkendali. Tapi, diet tersebut juga bisa berdampak buruk.

Karena pada fase pertama sangat rendah dalam asupan serat, Anda mungkin bisa mengalami sambelit. Anda juga bisa kekurangan nutrisi.

Karena itu, bila menjalani diet Dukan, Anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen-suplemen vitamin dan mineral untuk menghindari dampak buruk tersebut. Selain itu, karena Anda bebas makan telur dan daging selama fase awal, kadar kolesterol Anda bisa naik.

Karenanya, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum menjalani diet Dukan.

Short URL: http://wanitacosmo.com/?p=175

Related content from another blog:

Posted by on Oct 23 2010. Filed under Tips Kecantikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

 

Incoming search terms for the article:

contoh menu diet dukanapa itu dukan dietresep diet dukanapa itu diet dukanmaksud diet dukanmenu diet dukan ala indonesiamenu makanan diet dukandiet dukan seperti apadiet makanan prancisapa itu fromage frais

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google
Popular Search Terms Log in
AutoCar Bulletin
close
  • none found - should be never happened.