Kenali Gangguan Mata

Sebagai indera penglihatan, mata menjadi salah atu organ tubuh yang paling penting. Namun, betapa sedihnya jika indera itu terganggu beberapa masalah. Mari, kenali beberapa gangguan mata dan cara mengatasinya.

Mata memang jendela hati. Segala yang terjadi dalam diri Anda akan terpancar lewat mata. Selain itu, sebagai indera penglihatan, lewat mata seseorang bisa melihat keindahan dunia.

Namun, tidak selamanya mata bisa berfungsi dengan baik. Sebab, seringkali mata juga terganggu oleh sebab-sebab tertentu. Akibatnya, mata tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Gangguan mata ini sebenarnya cukup banyak, tapi ada beberapa gangguan mata yang paling sering terjadi. Yaitu mata lelah, kering dan merah,

MATA LELAH

Gejala mata lelah antara lain berair, berwarna kemerahan, terasa berat dan lebih peka terhadap cahaya. Selain itu, otot-otot di sekitar mata berkedut dan nyeri di sekitar bola mata. Hal lain yang dirasakan ketika mata lelah adalah timbul sakit kepala, pegal-pegal pada tengkuk, pundak bahkan sampai lengan. Sakit kepala ini tidak dialami semua orang. Kadang, ada yang menyerang bagian kiri atau kanan saja, tapi ada juga yang keseluruhan.

Penyebab

Ada dua faktor utama yang menyebabkan mata lelah. Yaitu terfokus pada objek yang sama secara terus-menerus dan kelainan refraksi.

Penyebab pertama itu bisa terjadi pada pekerja kantoran yang menghabiskan sedikitnya delapan jam, bahkan lebih, di depan komputer. Kondisi itu diperparah dengan tidak adanya kaca pelindung antiradiasi, sehingga layar monitor langsung mengenai mata tanpa penghalang..

Selain itu, jarak juga sangat berpengaruh pada munculnya mata lelah. Jarak 50 sentimeter adalah jarak terbaik antara mata dan layar komputer. Jika terlalu dekat, kemungkinan terkena radiasi semakin besar sehingga menimbulkan mata lelah..

Penyebab kedua yaitu kelainan refraksi atau kelainan yang sebenarnya membutuhkan bantuan kacamata untuk dikoreksi, tapi tidak dilakukan. Akibatnya, mata bekerja terlalu ekstra dan menimbulkan mata lelah.

Mengatasi

Cara termudah untuk mengatasi mata lelah adalah dengan mengompres. Kompreslah selamata lebih kurang lima sampai 10 menit dengan air dingin atau air es, tiga kali sehari.

Untuk mengompres ini bisa dilakukan dengan kapas, tisu, handuk, kain atau juga bisa dengan sendok logam. Sebab, logam bisa menahan dingin lebih lama.

Mencegah

Agar tidak mengalami gangguan mata lelah, sebaiknya hindarimenatap layar komputer secara terus-menerus. Istirahatkan mata selama lima menit setelah satu jam menatap layar computer..

Selain itu, jaga jarak pandangan minimal 50 sentimeter dengan layar komputer atau saat menonton televisi.

Jangan lupa mengatur brightness layar komputer ke arah yang lebih gelap, memilih layar LCD serta memakai kacamata antiradiasi untuk mengurangi risiko terkena mata lelah.

Juga penuhi waktu tidur serta hindari membaca di tempat dengan cahaya yang redup. Karena, dalam cahaya yang minimal, otot-otot mata bekerja lebih berat untuk melihat.

MATA KERING

Mata kering ini ditandai dnegna bola mata yang kering, berwarna kemerahan, terasa panas, gatal, perih, berpasir dan terasa lelah.

Mata kering ini terjadi karena lapisan air mata tidka bisa melapisi bola mata, sehingga mengganggu ketajaman penglihatan.

Penyebab

Penyebab mata kering ini juga beragam, seperti karena faktor usia, terlalu lama menatap layar komputer, membaca atau menonton televisi.

Ketika usia semakin bertambah tua, kualitas air mata pun makin menurun. Selain itu saat menatap layar komputer atau menonton televisi, mata menjadi kurang berkedip, yang bisa menyebabkan bola mata kurang terbasahi.

Penyebab lainnya, penggunaan obat-obatan, seperti obat alergi, kontrasepsi juga dapat menyebabkan mata kering. Selain itu, sering terkena AC, kebiasaan merokok dan penggunaan lensa kontak juga menyebabkan mata kering.

Mengatasi

Mata kering bisa diatasi dengan mengedipkan mata agar bola mata bisa dibasahi dengan lapisan air mata.

Jika kualitas air mata menurun, bisa digunakan air mata buatan yang berbentuk tetes. Untuk pengaplikasian air mata buatan ini bergantung pada tingkat keparahan gangguan mata kering ini.

MATA MERAH

Gangguan mata merah ini juga disebut konjungtivitis dan biasanya disertai dengan mata belekan.

Gangguan itu ditandai dengan mata kemerahan, berair, gatal, nyeri, peka terhadap cahaya, pandangan terganggu dan kadang terdapat kotoran kuning seperti nanah.

Penyebab

Mata merah umumnya disebabkan virus, bakteri atau bisa juga gabungan keduanya. Selain itu, mata merah juga bisa disebabkan reaksi alergi.

Pada reaksi alergi, mata merah disebabkan debu, spora, ketombe, atau bisa juga kontak denganair dan kosmetik yang mengandung klorin.

Khusus pada reaksi alergi, kelopak mata bisa bengkak dan gatal. Sedangkan mata merah yang disebabkan virus, bisa juga membengkak jika kondisinya parah dan terjadi perdarahan di konjungtiva.

Mengatasi

Karena mata merah ini mudah menular, penanganannya pun harus hati-hati. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menghindari kontak langsung dengan mata merah ini agar tidak menular ke mata satunya atau mata orang lain.

Hindari menyentuh mata merah dengna jari, sering mencuci tangan agar tetap steril dan jangan memakai lensa kontak untuk menghindari infeksi yang lebih parah. Untuk sementara hentikan pemakaian riasan di sekitar mata agar beban mata tidak bertambah berat.

Hati-hati Penggunaan Lensa Kontak

Lensa kontak fungsi utamanya membantu masalah penglihatan. Apalagi lensa kontak ini langsung menempel pada bola mata sehingga tidak mengganggu penampilan

Sayangnya, lensa kontak berpotentsi memicu gangguan pada mata. Penggunaan lensa kontak yang tidak tepat bisa menyebabkan acanthamoeba keratitis yang bisa melukai kornea mata.

Gangguan ini ditandai dengan mata merah, nyeri, penglihatan kabur, kepekaan terhadap cahaya meningkat atau photophobia, kelopak mata sulit terbuka, dan muncul perasaan ada sesuatu di mata padahal tidak ada. Penyebabnya bisa karena kondisi lensa kontak yang kurang bersih sehingga memicu timbulnya amoeba.

Untuk mencegahnya, mencuci lensa kontak hingga bersih, dengan memakai air bersih pula.

Selain itu, kebersihan tangan juga perlu dijaga, terutama saat mencuci lensa kontak dan memasang pada mata. Itu penting agar tidak terjadi masalah pada mata..

Short URL: http://wanitacosmo.com/?p=26

Related content from another blog:

Posted by on Oct 11 2010. Filed under Kesehatan Dan Gaya Hidup. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

 

Incoming search terms for the article:

mata pegalmata terasa panaspenyebab mata pegalmata beratMata terasa pegalmata terasa beratotot mata sakitmengatasi mata pegalmata perih dan panasmata merah dan pegal

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google
Popular Search Terms Log in
AutoCar Bulletin
close
  • none found - should be never happened.