Khasiat Buah Naga Untuk Kecantikan

Buah berkulit seperti sisik naga ini menjadi salah satu buah yang cukup digemari. Selain nikmat disantap, buah naga juga bagus untuk merawat kecantikan. Apa saja manfaat buah naga? Berikut di antaranya.

Mencegah dan Mengobati Jerawat

Gangguan kulit seperti jerawat sangat mengganggu. Karena mengurangi keindahan kulit.

Atasi gangguan dengan buah naga yang kaya vitamin C, yang bermanfaat mengobati jerawat.

Cara:

Ambil seperempat buah naga, hancurkan dan ambil airnya,. Oleskan pada area yang berjerawat. Biarkan mengering dan lakukan sesering mungkin sampai jerawat mengering.

Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Kulit terbakar matahari  terasa panas, berwarna merah dan sangat kering. Efek itu terus terasa meski sudah beberapa jam berlalu. Agar cepat mendingin dan kulit  terasa lembab kembali, rawatlah dengan perasan buah naga, mentimun dan madu. Kedua buah itu akan mendinginkan kulit kembali, sedangkan madu untuk menghindari iritasi.

Cara:

Buat perasan buah naga dan mentimun masing-masing dua sendok makan. Campur merata, kemudian tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Oleskan pada bagian kuliit yang terbakar, biarkan meresap dan kulit terasa lebih dingin.

Bilas dengan air hangat, lanjutkan dengan air dingin atau air es. Lakukan setiap saat setelah kulit terbakar matahari.

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan musuh semua orang. Jadi, sebisa mungkin penuaan ditunda. Untuk mewujudkan hal itu bisa dibantu dengan perawatan menggunakan buah naga.

Buah naga kaya akan beta-carotene, yaitu provitamin A yang mengurangi risiko proses oksidasi karena radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin E-nya bisa memperlambat perkembangan sel.

Cara: ambil setengah buah naga, blender hingga lembut. Tuangi satu sendok makan yogurt, aduk merata. Oleskan ke seluruh wajah dan leher, biarkan selama 20 menit atau mengering. Bilas dengan air hangat, lanjutkan dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali.

Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

Vitamin B3 yang terkandung dalam buah naga sangat efektif untuk melembabkan kulit. Selain itu, vitamin ini juga bisa mencerahkan kulit.

Cara:

Ambil satu buah naga ukuran sedang, hancurkan atau blender hingga lembut. Saring menggunakan kain halus dan singkirkan ampasnya.

Oleskan sari buah naga itu ke seluruh permukaan kulit wajah, leher atau pun tubuh. Biarkan meresap dan mengering. Lakukan seminggu dua kali agar hasilnya efektif.

Melindungi Kulit dari Sinar UV

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah naga bermanfaat untuk melindungi kulir dari pengaruh buruk sinar UV. Phytofluence dan phytoene yang terkandung di dalamnya merupakan perlindungan alami untuk kulit.

Molekul phytofluence akan menyerap sinar UV dan memertahankan kulit tetap sehat. Sehingga kulit tidak hanya sehat tapi juga menghambat proses hiperpigmentasi.

Cara:

Buat perasan buah naga secukupnya, setelah itu celupkan kapas atau kain halus ke dalamnya. Tempelkan pada wajah, biarkan beberapa lama dan meresap ke dalam kulit.

Bilas dengan air bersih, dan berdandanlah seperti biasa. Lakukan setiap hari sebelum beraktivitas pada pagi hari, kulit pun menjadi terlindungi lebih baik lagi.

Tentang Buah Naga

Buah naga atau yang juga disebut pir stroberi, buah kaktur, pitahaya ataukaktur orkid merupakan buah asli dari Amerika Selatan. Namun, dikembangkan secara komersial di Vietnam dan Australia.

Buah ini berbentuk bulat lonjong dengan kulit mirip sisik naga. Beratnya sekitar 400 gram, tapi ada juga yang membesar hingga satu kilogram.

Untuk memanfaatkan buah ini memang butuh keterampilan tersendiri. Pilihlah buah yang matang, yaitu yang berwarna cerah, mulus (jika muncul titik-titik diperkirakan buah sudah terlalu matang), kering, sedikit empuk. Setelah ditemukan buah yang dimaksud, iris buah menjadi dua, kemudian buang kulitnya sehingga yang tersisa tinggal daging buahnya.

Dua spesies yang ditanam secara komersial adalah Hylocereus undatus (isi putih) dan hylocereus polyrhizus (isi merah). Spesies lain yang kurang terkenal adalah seleniereus megalanthus yang berisi putih dan berkulit kuning.

Buah naga mengandung 80 persen air, vitamin C, serat, kalsium, zat besi dan fosfor. Selain itu buah naga juga kaya beta-carotene, antioksidan yang penting untuk mengurangi konsentrasi radikal bebas. Juga vitamin B3 yang melembabkan dan menghaluskan kulit.

Short URL: http://wanitacosmo.com/?p=187

Related content from another blog:

Posted by on Oct 28 2010. Filed under Tips Kecantikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

 

Incoming search terms for the article:

manfaat buah naga untuk kecantikankhasiat buah naga untuk kecantikanmanfaat buah naga bagi kecantikanBuah naga untuk kecantikanmanfaat buah naga untuk kulitmanfaat buah naga bagi kulitkhasiat buah naga untuk kulitbuang tahi lalat di times squareManfaat buah naga merah untuk kecantikankulit buah naga

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google
Popular Search Terms Log in
AutoCar Bulletin
close
  • none found - should be never happened.