Tato Bisa Dihapus

Awalnya iseng dan ikut teman-teman, Sutomo menato tubuhnya. Di lengan kanan, terdapat tato bergambar baret, di dada kirinya terdapat tato bergambar simbol Marinir. Tindakan itu dilakukannya tiga tahun lalu. Saya bersama teman-teman menato tubuh di stan khusus di Banyuwangi, ceritanya.

Setelah pulang ke Surabaya, pria yang akrab disapa Tomo tersebut menunjukkan tato barunya kepada Murtiah, istrinya. Saat itu pula saya diberi tahu istri, ada tato yang membuat ibadah salat menjadi tidak sah, paparnya. Lagi pula, dengan usia begini, rasanya sudah tidak pantas kalau mau tato-tatoan lagi.

Hal itulah yang membuat pria 36 tahun tersebut menyesal. Dia sebenarnya ingin menghilangkan tato itu. Namun, dia tidak tahu caranya. Saya pernah tanya ke konter tato yang ada di tubuh saya bisa dihilangkan. Tapi, hasilnya tidak bisa bagus, tuturnya.

Pernyataan tersebut membuat Tomo mengurungkan niatnya untuk menghilangkan tato saat itu juga. Bukan hasil yang sempurna. Tapi, paling tidak kondisi kulit tidak begitu jelek daripada bagian lain, tegas ayah tiga anak tersebut.

Meski begitu, Marinir yang bertugas di Pasmar I Surabaya itu tak patah semangat. Dai tetap mencari informasi mengenai teknik penghapusan tato yang baik dan tak membahayakan. Saya banyak bertanya ke konter tato, bagaimana teknik dan hasilnya. Saya juga tanya ke teman-teman yang sudah menghilangkan tatonya, ujarnya.

Ternyata, jalan untuk menghilangkan tato didapat dari dr Bambang Wicaksono SpBP. Kebetulan, Tomo sedang menunggu istrinya yang mengalami luka bakar di RSAL dr Ramelan. Dokter yang menangani istrinya adalah dr Bambang.

Saat kunjungan, Tomo bertanya kepada dr Bambang mengenai cara menghapus tato. Gayung bersambut. Tomo pun diminta datang ke Ramelan Aesthetic Clinic di RSAL dr Ramelan.

Tomo datang ke klinik tersebut Rabu lalu (14/7). Dia kemudian menjalani terapi laser untuk menghapus tato di tubuhnya. Sakit? Clekit-clekit rasanya. Tidak sakit yang parah, ucapnya, ketika berharap sekali, tato ini bisa hilang dan kulit saya kembali mulus.

Pascalaser Hindari Ultraviolet

Manfaat alat laser untuk kecantikan sudah lama diketahui. Bahkan, saat ini berkembang alat-alat laser dengan teknologi yang lebih canggih. Tentu, makin banyak indikasi medis yang dapat diterapi dengan alat tersebut. Manfaatnya tidak hanya untuk skin rejuvenation. Tetapi itu juga dapat menangani kelainan vaskular di bawah kulit. Bahkan, tattoo removal pun bisa dilakukan, kata dr Enrina Diah SpBp, spesialis bedah plastik dari Jakarta.

Enrina menyempatkan diri berkunjung ke dr Ramelan Aesthetic clinic di RSAL dr Ramelan Rabu lalu (14/7). Dia juga berbagi ilmu dengan dokter spesialis kulit dan bedah plastik di RS milik TNI-AL tersebut.

Dia mengatakan, ada beberapa hal yang dilakukan sebelum paien menjalani terapi laser. Pertama, dokter perlu memastikan kondisi pasien. Dengan begitu, dokter bisa memperkirakan terapinya. Agar ekspektasi antara pasien dan dokter bisa sama. Jangan lupa dokter juga menjelaskan efek samping terapi laser ini,  jelasnya.

Salah satu efek sampingnya adalah kulit kemerahan. Dalam kondisi lanjut, efek samping yang mungkin muncul adalah kelainan pigmentasi. Namun, bila terapi dilakukan dengan benar dan operator sudah berpengalaman, efek samping tersebut dapat diminimalkan, terang Enrina.

Setelah terapi, pasien diminta mengurangi paparan sinar ultraviolet (UV). Sampai kapan? Sebaiknya dilakukan seumur hidup. Kalau keluar ruangan atau bepergian, jangan lupa mengoleskan sunblock, ucapnya. Pasien juga akan diberi obat kortikosterid dan pelembap agar kulit tidak mudah kering.

Dokter Bambang Wicaksono SpBP, kepala dr Ramelan Aesthetic Clinic, RSAL dr Ramelan, menambahkan, sebelum menjalani terapi laser, bagian yang hendak diterapi dibersihkan dulu.

Pada pasien Tomo, bagian yang bertato dibersihkan, kemudian diberi gel khusus. Mata pasien ditutup dengan kacamata khusus. Sebab, sinar laser memengaruhi mata. Setelah itu, bagian yang tatonya hendak dihilangkan disinari laser.

Pasien tak perlu dianestesi. Lama prosesnya bergantung seberapa luas dan banyak tatonya. Pasien ini hanya butuh waktu 15-30 menit, ucapnya. Bila seluruh rangkaian proses selesai, bagian kulit tempat tato berada diberi salep untuk mengurangi kemungkinan terjadinya efek samping.

Short URL: http://wanitacosmo.com/?p=103

Related content from another blog:

Posted by on Nov 21 2010. Filed under Kesehatan Dan Gaya Hidup. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

 

Incoming search terms for the article:

tempat menghilangkan tato di surabayaklinik hapus tatotempat menghilangkan tato di jakartalaser tattoo removal jakartasalep penghilang tattoklinik penghilang tatosalep penghilang tatotempat menghilangkan tatosalep penghilang tattooklinik menghilangkan tato

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google
Popular Search Terms Log in
AutoCar Bulletin
close
  • none found - should be never happened.