Tips Perawatan Alat-Alat Dapur

Tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari kita sering bersentuhan dengan bahan yang terbuat dari logam. Bahan-bahan ini awet digunakan dan akan terlihat baik, jika kita tahu bagaimana cara merawatnya. Peralatan dapur terbuat dari logam misalnya panci, kuali, piring, gelas, sendok, garpu, dan lainnya. Bahan-bahan logam yang biasa digunakan antara lain aluminium, kuningan, stainless steel, tembaga, dan perak. Nah, bagaimana cara merawat peralatan dari logam-logam tersebut?

1.    Bahan Aluminium
Bahan dari aluminium ini gampang bernoda dan juga mudah hangus. Misalkan peralatan dapur yang terbuat dari bahan ini kuali dan panci. Cara kita membersihkan noda di panci atau kuali, dengan cara merebus didalam air selama beberapa waktu. Atau bisa juga dilap dengan larutan yang bisa dibeli di apotik atau toko obat kimia.

2.    Kuningan
Bahan dari kuningan cepat menjadi kusam karena debu dan oksidasi dengan udara. Cara membersihkannya adalah dengan pembersih kuningan yaitu brasso dan bisa juga dengan larutan cuka dan garam.
3.    Perak
Bahan dari perak memang sering kelihatan kusam. Untuk membuat berkilau kembali adalah dengan cara memakai abu rokok atau pasta gigi, sikat dengan sikat halus yang dibasahi dengan air lalu dilap dengan kain hingga mengkilap.

4.    Stainless Steel
Bahan ini mengkilap tapi semakin lama akan memudar. Sebaiknya peralatan dari bahan ini, dihindari dari cairan asam seperti cuka yang bisa merusak bagian dalam lapisan bahan tersebut.

5.    Bahan Tembaga
Peralatan rumah tangga yang terbuat dari tembaga bisa berubah kehitaman karena noda. Cara membersihkannya adalah menggosok campuran air jeruk dan garam dan sedikit amoniak (bahan kimia) dicampur dengan air dan digosok pada peralatan dari tembaga tersebut.

6.    Agar Talenan dari Kayu Bertahan Lama
Agar talenan yang terbuat dari kayu bertahan lama dan bebas dari sisa potongan sayur/ daging, oleskan dengan beberapa tetes minyak sebelum dipakai. Untuk mencegah peralatan dapur Anda yang terbuat dari kayu dari bau makanan, rendamlah semalam sebelum digunakan dengan air yang telah diberi cuka putih.

7.    Membersihkan Bekas Minyak/ Lemak
Taburkan tepung di atas tumpahan minyak atau lemak lalu gosok. Minyak atau lemak akan mudah lepas dan hilang. Tepung dapat meresap minyak dan mencegah pula menjalar ke tempat lain. Tapi ingat, jangan coba membersihkan dengan serbet kertas atau kain.

8.    Membersihkan Parutan
Untuk membersihkan parutan sehabis memarut keju, parutlah kentang yang masih mentah. Semua keju yang tersisa di lubang-lubang parutan akan terbawa.

9.    Merawat Tabung Gas
Pada saat membeli gas, pilihlah tabung yang kondisinya baik dan perhatikan tanggal kadaluarsanya. Untuk mencegah kebocoran, periksalah selang gas minimal sebulan sekali. Sebaiknya gunakan regulator yang ada meterannya supaya memudahkan untuk mengetahui beberapa banyak gas yang masih tersisa. Ketika memasang regulator, perhatikan apakah ada suara mendesis atau tercium bau gas. Jika ya, segera lepaskan regulator dan cek cincin karet pada tutup gas. Mintalah beberapa buah cincin karet sekaligus pada penjual gas untuk stok. Karena terkadang ada tabung gas yang tidak disertai cincin karet atau ukuran cincinnya tidak sesuai sehingga gas mudah keluar atau bocor. Letakkan tabung gas pada posisi berdiri tegak supaya regulator dapat mengunci dengan baik.

10.    Menambal Panci Aluminium
Anda bisa menambalnya dengan cara mudah berikut ini : aduk sampai rata putih telur ayam dengan kapur sirih sehingga menjadi seperti bubur. Bersihkan daerah panci yang bocor, ampelas sekeliling lubang itu. Setelah itu oleskan bubur tersebut hingga menutupi lubang. Jika bocornya besar, sisipkan sedikit kapas, kemudian oleskan bubur disebelah atas bawahnya. Jemur dibawah matahari hingga kering.

11.    Menjaga Lemari Es Supaya Hemat Listrik
Baca petunjuk buku terlebih dahulu, Anda akan temukan berbagai tips untuk membantu Anda untuk menggunakan lemari es yang lebih efisien. Jika debu atau rambut binatang kesayangan mengumpul dibagian mesin dan motor lemari es. Motor harus bekerja lebih keras dan akan menggunakan banyak listrik. Bersihkan mesin dan motor lemari es secara teratur, dan meyakinkan bahwa udara dapat beredar dengan bebas disekitarnya. Karena motor dan penekanan menghasilkan panas Anda harus meluangkan ruang yang cukup disekitar lemari es Anda untuk udara beredar.

12.    Membersihkan Parutan Besi
Caranya, ambil roti kering lalu parutan ke parutan besar Anda. Kotoran yang menempel akan terbawa serta. Jika parutan besi berkarat, ambil singkong yang sudah dikupas. Lalu parutkan ke parutan yang berkarat. Diamkan selama 1 jam, setelah itu cuci dan olesi dengan minyak goreng.

Short URL: http://wanitacosmo.com/?p=1083

Related content from another blog:

Posted by on Apr 3 2011. Filed under Tips & Tricks. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

 

Incoming search terms for the article:

peralatan dapuralat dapurperalatan dapur yang terbuat dari tembagacara menambal pancicara perawatan alat dapurcara menambal wajan yang bocorcara menambal kuali yang bocorCara menambal wajan bocorcara menambal wajanmengatasi kuali bocor

Search Archive

Search by Date
Search by Category
Search with Google
Popular Search Terms Log in
AutoCar Bulletin
close
  • none found - should be never happened.